Beranda

Rabu, 19 April 2017

Pembangunan Untuk Jepara Mendunia

Ditulis oleh : Desi Astutik

Mahasiswi semester 8 FTIK Unisnu Jepara

Ketika bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 tentu bangsa Indonesia menyadari bahwa paling tidak ada tiga tantangan besar yang harus dihadapi antara lain mendirikan negara yang bersatu yang berdaulat, membangun bangsa dan membangun karakter.
Dalam era sekarang banyak sekali persoalan-persoalan yang terjadi di negeri kita seperti meningkatnya tawuran antar pelajar, bentuk-bentuk kenakalan remaja, pemerasan dan banyaknya pengguna narkoba. Disamping itu disiplin dan tertib berlalu lintas, budaya antre, budaya baca serta keinginan untuk menghargai lingkungan masih jauh dibawah standar bahkan kebanggaan kita terhadap jati diri dan kekayaan budaya sendiri juga masih rendah.
Semua itu terjadi karena nilai pendidikan karakter masih minim. Di zaman yang serba modern ini pendidikan karakter mutlak di perlukan, tak hanya di sekolah tetapi di rumah dan di lingkungan sosial karena pendidikan karakter merupakan kunci yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian suatu bangsa agar generasi Indonesia tumbuh menjadi insan yang baik dan memiliki keunggulan dalam persaingan global.
Sebagai contoh kita sebagai masyarakat Jepara kita harus bangga dengan segala apapun yang ada di Jepara baik berupa budaya, wisata, adat, kuliner dan segala potensi yang ada di dalamnya karena Jepara merupakan sebuah kota di pantai utara jawa yang kaya akan peninggalan budaya dan sumber daya manusia.
Sebagai generasi penerus bangsa tentunya kita sadar bahwa kita mempunyai PR besar untuk mewujudkan cita-cita bangsa menjadi yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan cara ikut serta dalam merubah pola pikir, ikut serta menjunjung tinggi pembangunan nasional dan membangun karakter bangsa untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang besar, maju dan bermartabat.
Oleh karenanya perlunya akan kesadaran diri masing-masing individu untuk mewujudkan semua itu salah satunya adalah menjunjung tinggi pembangunan nasional yang sudah disebutkan diatas. Karena pada dasarnya pembangunan nasional bersifat terus menerus dan berkesinambungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dalam pengupayaan pembangunan tersebut salah satu yang dapat dilakukan adalah menggali dana dari dalam negeri berupa pajak.
Dalam hal ini pajak bukan hanya merupakan kewajiban melainkan hak bagi setiap warga negara untuk berpartisipasi dan berperan serta dalam pembiayaan dan pembangunan nasional. Dengan begitu manfaatnya bisa dirasakan oleh semua warga Indonesia. Namun sangat disayangkan sekali kesadaran akan patuh membayar pajak masih sangat minim karena sebagian masyarakat belum mengerti manfaat pajak secara optimal, padahal sangat banyak sekali manfaat pajak bagi kemajuan bangsa Indonesia yang meliputi aspek di berbagai bidang seperti memajukan bidang pendidikan, bidang perekonomian dan bidang sosial. Oleh karena itulah tentunya perlu adanya tindakan lebih lanjut seperti sosialisasi terus menerus kepada masyarakat  baik dimedia sosial maupun dimedia cetak.
Sebagai warga Jepara tentunya kita mempunyai kewajiban untuk turut serta dalam memajukkan pembangunan Jepara menjadi lebih baik . Karena masih banyak sekali daerah-daerah yang selama ini tertinggal harus dibangun supaya tumbuh menjadi kekuatan baru yang nantinya bisa mendukung dan mempercepat kemajuan Indonesia.
Jepara harus bangga karena selain terkenal dengan sebutan kota ukirnya pendidikan di Jepara sudah mulai berkembang pesat terbukti dengan adanya banyaknya sekolah-sekolah yang didirikan, perguruan-perguruan tinggi, pondok pesantren yang banyak dibangun hingga banyak berdirinya lembaga non formal seperti rumah belajar dan rumah baca maupun komunitas-komunitas lainnya.
Dengan  banyaknya lembaga-lembaga pendidikan tersebut baik formal maupun non formal Jepara akan lebih maju dan mampu bersaing di era global ini, dan semua itu tak lepas dari peran pembangunan nasional yang berdampak positif bagi kemajuan bangsa. Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa cita-cita besar ibu Kartini sudah terwujud dengan banyaknya lembaga-lembaga pendidikan yang didirikan dan kebebasan dalam mengenyam pendidikan bagi kalangan masyarakat baik pria maupun wanita.
Untuk memajukan kehidupan mereka itulah, maka pendidikan menjadi sarana utama yang perlu dikelola dan dikembangkan dan semua tidak lepas dari dukungan maupun kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi kehidupan bangsa.
Karena kemajuan suatu bangsa adalah kebanggaan bagi Indonesia itu sendiri. Oleh karena itulah perlu adanya kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah  agar tetap selalu bersatu dan  mendukung upaya-upaya pemerintah terhadap pembangunan untuk wujudkan Jepara yang besar dan mendunia.

0 komentar:

Posting Komentar